Untuk menghentikan suara kita cukup menuliskan stop() pada variable yang menampung suara yang sedang dimainkan. Misalnya : suara ditampung pada variable Musicz, maka untuk menghentikannya kita menuliskan Musicz.stop()
Untuk contoh lainnya, kita akan menggabungkannya dengan tutorial Pause dan Play Suara :
1. Bukalah fla dari source Pause dan Play Suara.
2. Buatlah sebuah objek seperti gambar dibawah ini :
3. Seleksi objek tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukan stop_btn sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.
4. Letakan seluruh objek di stage menjadi seperti ini :
5. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul ubah seluruh scriptnya menjadi seperti ini :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 | //membuat variable bernama Pause dengan nilai false Pause = false; //membuat variable bernama Stop dengan nilai false Stop = false; //membuat fungsi bernama mainkanMusik function mainkanMusik() { //membuat variable musik sebagai sound object musik = new Sound(); //masukkan suara berlinkage bgm dari panel library ke dalam variable musik musik.attachSound("bgm"); //mainkan suara di dalam variable musik sebanyak 999 kali musik.start(0,999); } //jika tombol pause_btn ditekan pause_btn.onPress = function() { //membuat variable posisi dengan nilai pembualatan ke bawah dari posisi terakhir suara pada variable musik yang dibagi 1000 posisi = Math.floor(musik.position/1000); //hentikan suara pada variable musik musik.stop(); //ubah nilai variable Pause menjadi true Pause = true; }; //jika tombol play_btn ditekan play_btn.onPress = function() { //jika variable Stop bernilai true if (Stop) { //mainkan suara di dalam variable musik sebanyak 999 kali musik.start(0,1); //ubah nilai variable Pause menjadi false Pause = false; //ubah nilai variable Stop menjadi true false Stop = false; } //jika variable Pause bernilai true dan variable Stop bernilai false if (Pause && !Stop) { //mainkan suara di dalam variable musik sesuai nilai variable posisi sebanyak 1 kali musik.start(posisi,1); //ubah nilai variable Pause menjadi false Pause = false; } //jika suara di dalam variable musik selesai dimainkan musik.onSoundComplete = function() { //jalankan fungsi mainkanMusik mainkanMusik(); }; }; //jika tombol stop_btn ditekan stop_btn.onPress = function() { //ubah nilai variable Stop menjadi true Stop = true; //hentikan suara pada variable musik musik.stop(); }; //menjalankan fungsi mainkanMusik ketika swf pertama kali dijalankan mainkanMusik(); |
7. Selain menggunakan stop(), kita juga bisa menggunakan stopAllSounds() untuk menghentikan suara. Bedanya, stop() hanya menghentikan 1 suara sedangkan stopAllSounds() akan menghentikan seluruh suara yang ada. Silahkan anda pilih sesuai kebutuhan.
Sourcenya dapat di download di sini
sumber http://warungflash.com/2010/12/play-pause-stop-suara/
0 komentar:
Posting Komentar